Tempatnya tips dan trick, software gratis, antivirus review dan software review.

Optimasi Firefox

Browser Mozilla Firefox sekarang ini telah banyak digunakan, karena kelebihannya baik itu dari segi keamanan serta fitur-fiturnya. Namun dibalik kelebihannya itu ternyata Firefox mempunyai kelemahan yang belum terjawab dari dulu yaitu penggunaan memori yang besar dan membutuhkan resource yang besar juga.

Nah, disini saya ingin berbagi untuk teman-teman, sebenarnya kita bisa mengurangi penggunaan resource dan memori dari komputer yang digunakan oleh Firefox sehingga kita tetap nyaman waktu sedang asyik browsing. Ini dia langkah-langkahnya :

1. Ketikkan "about:config" pada address bar dan tekan enter.
2. Pada bagian filter ketikkan "browser.session
3. Kemudian ubah "browser.sessionhistory.max_entries" dengan menggunakan double klik. Setting ini merupakan angka dari langkah dimana kamu bisa forward atau back dari suatu halaman. Angka Defaultnya adalah 50, kita ganti menjadi 20 yang sudah lebih dari cukup.

4.Ubah "browser.sessionstore.interval". Pengaturan ini merupakan waktu yang diperlukan untuk menyimpan suatu sesi. Angka Defaultnya adalah 10000 milidetik (10 detik), angka ini terlalu sedikit, karena semain sering Firefox menyimpan suatu sesi maka akan memakan banyak memori. Angka ini dapat kita ganti menjadi 30000 atau 20000.

5.Ubah "browser.sessionstore.max_tabs_undo". Pengaturan ini merupakan angka penyimpanan dari tab yang telah ditutup, dimana angka defaultnya adalah 10. Kita dapat mengaturnya menjadi 5 saja.

6.Ubah "browser.sessionhistory.max_total_viewers". Pada pengaturan ini dapat meningkatkan perfoma dari Firefox, ini menjelaskan tentang jumlah halaman yang disimpan dalam memori. Angka defaultnya adalah -1 yang berarti tergantung pada ram yang ada pada komputer kita. Saya mempunyai 2 GB ram, dan saya setting menjadi 4.

7.Ubah "network.prefetch-next". Pengaturan ini adalah tentang apakah prefetching akan dipakai atau tidak. Sebenarnya fungsi ini kurang efektif dan memakan memori dan bandwith yang banyak, sehingga ubah nilainya menjadi false.


Itu tadi beberapa langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi beban memori untuk Firefox, sehingga saat kita browsing menggunakan Firefox, kita tetap merasa nyaman dan lancar tanpa hambatan. Sebenarnya masih ada lagi beberapa tipsnya, tunggu di posting berikutnya ya.........!!!

Labels: Tips dan trick Internet

Thanks for reading Optimasi Firefox. Please share...!

0 Comment for "Optimasi Firefox"

Back To Top