Tempatnya tips dan trick, software gratis, antivirus review dan software review.

Cara Sederhana Menyembuhkan Pilek

Pilek mudah menyerang anak-anak dan orang dewasa, terutama jika kondisi kesehatan sedang menurun. Apa yang anda lakukan, ketika terserang pilek? Dengan perawatan sederhana dirumah, maka gangguan pilek segera lenyap.


Beristirahat di Rumah

Pilek disebabkan oleh virus dan mudah menular, misalnya sewaktu bercakap-cakap dengan penderita atau ketika penderita bersin maupun batuk-batuk. Sebaiknya, ketika anda atau anak terkena pilek, tinggal saja dirumah. Sebab, jika tetap melakukan kegiatan seperti biasanya, pilek akan bertambah parah. Seaindainya anda belum terkena pilek, janganlah terlalu dekat dengan penderita pilek. Lebih baik beristirahat dirumah.


Tidur yang Cukup

Tidurlah yang cukup. Berikan kesempatan istirahat kepada tubuh untuk mendapat tenaga baru dalam memerangi pilek. Bagi anak-anak, tiduran sepanjang hari mungkin tak menyenangkan. Untuk itu sediakan aneka mainan yang menarik, agar anak dapat bermain sambil tiduran.


Makan Buah

Sementara Anda atau anak beristirahat di rumah, sebaiknya jangan makan terlalu banyak. Lebih baik makan buah-buahan atau sari buah. Dengan banyak makan buah-buahan, tubuh Anda akan mendapat banyak vitamin yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, hindarilah makanan yang banya mengandung gula seperti cokelat, kue, es krim dan sebagainya. Sebab kadar gula yang berlebihan akan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.


Minum yang Banyak

Untuk menghanyutkan virus dari tubuh, banyaklah minum air bersih yang telah dimasak. Untuk orang dewasa, dapat minum 10 gelas per hari. Sedangkan untuk anak-anak lebih kurang lima gelas seharu. Kalau dapat, minumlah air atau sari buah setiap jam, dan sebaiknya hindari minum air dingin.


Berkumur dengan Larutan Garam yang Hangat

Cara ini hanya dapat dilakukan orang dewasa. Kadang-kadang pilek dimulai dengan rasa tidak enak ditenggorokan. Berkumurlah dengan larutan garma paling sedikit tiga kali sehari. Campur ½ sendok the garma dengan segelas air hangat. Biarlah air mengalir ke dalam tenggorokan untuk beberapa detik lalu berkumurlah agak lama.


Mengompres Leher

Kompreslah leher dengan lap yang telah direndam air hangat. Lakukan hal ini pada anak yang sedang tidur. Atau dapat pula dilakukan oleh orang dewasa sesudah berkumur dengan air garam.

Merendam Kaki Dalam Air Hangat

Jika pilek berawal dengan gejala sakit kepala, hidung akan mengeluarkan cairan. Ini harus segera ditanggulangi, sebab penderita bisa mengalami demam. Perawatan yang baik adalah merendamkaki dalam air hangat. Lakukan sehari dua kali, pagi dan petang. Merendam kaki dalam air hangat akan melancarkan aliran darah ke kepala sehingga sakit kepala akan berkurang.


Menghirup Uap Panas

Menghirup uap panas akan menolong melonggarkan dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Lakukan sehari dua kali. Tempatkan air panas pada suatu wadah, dekatkan muka anda pada wadah tersebut dan hiruplah uapnya.

Labels: Tips dan trick kesehatan

Thanks for reading Cara Sederhana Menyembuhkan Pilek. Please share...!

7 Comment for "Cara Sederhana Menyembuhkan Pilek"

manteb. segera dicoba soalnya lagi mengidap nih gan

fathimmah
makasih informasinya!!!!!!!!

thx bro, moga bermanfaat bg gw.. :) oh ya, kalo loe mau berbagi tips, kirim link ke twitter gw ya @andrrry

mw coba dlu ..
thankz info'nya...

Good!!
Membantu sekaalii..,
mau nanya.., itu air yg di campur garam di telan atau di kumur saja?

Back To Top