Tempatnya tips dan trick, software gratis, antivirus review dan software review.

Optimalkan VGA Intel Onboard

Pada posting kali ini saya ingin membahas tentang trik untuk mengoptimalkan VGA Intel onboard. Teman-teman semua mungkin ada yang memakai Komputer/Laptop yang memakai VGA Intel onboard, kita tahu bahwa VGA Intel Onboard ini memiliki kemampuan yang lebih baik daripada VGA onboard lainnya, bahkan kita bisa memainkan game-game kelas bawah - menengah dengan menggunakan VGA Intel Onboard ini. Walaupun begitu, tetap saja performanya gak sebagus VGA discrete.

Nah, sebenarnya kita bisa mengoptimalkan kemampuan VGA Intel Onboard ini agar dapat digunakan untuk menjalankan software atau game yang kebutuhan grafiknya agak tinggi. Bagaimana caranya? Sebenarnya caranya cukup mudah, kita bisa melakukannya dengan menggunakan software tool yang bernama Intel Display Adapter Management Tool. Tools yang satu ini digunakan untuk mengubah proses hardware vertex ke software vertex dan sebaliknya yang ditujukan untuk aplikasi tertentu.

Untuk melakukan optimalisasi dan dapat meningkatkan frame rate dari game yang kita mainkan kita bisa mengubahnya prosesnya dari hardware ke software vertex.
Untuk dapat menjalankan software tools ini diperlukan :
- .NET Framework 3.5
- Visual C++ 2008 Redistributable Package

Kita dapat mendownloadnya di situs Microsoft, biasanya untuk Windows 7 sudah ada.














Untuk menggunakan software ini cukup mudah, ikuti langkah berikut ini :
  1. Buka aplikasinya dengan Double click, kemudian software ini akan otomatis mendeteksi VGA komputer.
  2. Jika VGA yang kita gunakan adalah Intel kemudian langsung klik tab "Vertex Processing Modes For Specified Executables".
  3. Klik "Add Executable" untuk menambahkan/mendaftarkan daftar Executable yang akan kita ubah prosesnya, pilih executable game yang akan kita masukkan. Misalkan "PES2010.exe" atau "motogp.exe".http://www.blogger.com/img/blank.gif
  4. Setelah game yang kita pilih terdapat dalam daftar, lalu klik pada nama game dalam daftar tersebut, dan klik tombol "Change Vertex Processing Mode".
  5. Kemudian ini kita lakukan lagi untuk Display Adapter ke 2, (Jika di kolom Display Setting ada 2 Display Adapter)
Itulah langkah-langkahnya, kita tidak perlu untuk melakukan restart komputer. Coba mainkan game yang telah kita daftarkan tadi.

DOWNLOAD
Intel Display Adapter Management Tool 2.0
Labels: Tips dan Trick Windows, Tips dan Trick Windows 7

Thanks for reading Optimalkan VGA Intel Onboard. Please share...!

62 Comment for "Optimalkan VGA Intel Onboard"

minta link download net framework dan Visual C++ 2008 Redistributable Package donk?

@Rendi
Udah ada tuh, silahkan didownload.

bro VGA saya NVIDIA GeForce knp ga suport y...??

@anonim
Iya bro, software ini hanya dkhususkan buat vga intel onboard aja. (Liat judul posting :D)

ane udah pake .net framework 4 dan Visual C++ 2008 Redistributable Package kok keluar tulisan
“this application has failed to start because configuration is incorrect.reinstalling the application may fix the problem” kenapa tuh gan?

klo yang offline installer ada gk?

@Rio
Waduh kenapa ya, q juga belum pernah seperti itu. Mas rio pake windows apa, coba install yang .net framework 3.5

@Rendi
Ini dia bro yang offline installer :
http://download.microsoft.com/download/6/0/f/60fc5854-3cb8-4892-b6db-bd4f42510f28/dotnetfx35.exe

buat game point blank bisa g? vga onboardku 64mb.

vertex modenya software ato hardware

@Nofhan
VGA nya apa dulu bro? Tapi kalo untuk game Point Blank saya lihat dari situsnya spesifikasi minimal untuk vga nya adalah 128 Mb. Memang harus sama untuk standar minimalnya, software ini berguna untuk optimasi dan meningkatkan pixel shadernya aja.

@Doni
Yang software

tetep aja keluar pas udah mau maen pes 6 ~x(

sama mas tetep crash dia waktu maen pes 6..
aq dapet tutor ini dari agan ule di pes evo buat maksimalin vga biar bisa make bola yang bagus tapi tetep gak ada perubahan tetep crash dia langsung keluar waktu mau maen....
aq pake thosiba l300
tolong gan

Kalo xp sp2 bisa ga nih gan?

@doni & Bakat indonesia
Itu vganya apa dlu bro, klo intel pnyaku bisa bro/gk error. Mgkin yg error biasanya face/hairnya atau file mdl ballnya. Coba check dulu dh.

@anonim
Bisa bro, install dulu .net framework n visual c++ nya.

udah sy download installer net frameworknya tapi diklik 2x ga mulai2 ngeinstallnya?

thx bwt info nya
bro klow bwt intel chipset 965 bs kgk??
qw mw main cod 5 tapi rda ngelag nih...

ada efek samping nya g bozzz?????

@rizki
maaf itu yang diatas adalah online installer (harus online installnya), coba download yang offline installernya. Disini : http://download.microsoft.com/download/6/0/f/60fc5854-3cb8-4892-b6db-bd4f42510f28/dotnetfx35.exe

@Karel
Bisa bro, yang penting vganya pake chipset intel.

@Anonim
Gak ada efek sampingnya kok, selama saya pake ini belum ada masalah. Dicoba dulu bro

peningkatan kinerjanya signifikan nggak bro?

@bangipung
Kalau peningkatan kinerja sih, kurang tau bro. Tapi lumayan lah. Hanya saja gambarnya jadi lebih mulus aja bro.

kalo uda pke .net 2.0 g bsa y gan?

@hgz
belum bisa, pake .Net Framework v3,5 atau 4.

bro nggak nggak bisa kedetect registrynya...gimana caranya..

Sama dari tadi baca postingan dari atas sampe bawah juga masih belum bisa.
tanya mbah google lagi dah

My Site

bRo, bisa gak pake Visual C++ 2005 ?
truz, Visual C++ 2008 Redistributable Package yg diatas harus instalasi online apa offline ?
Mohon Balasannya.

bro,kan gw vga on board ny tuh 256 mb,tapi kok yang ke detect ma PES 2011 cuman 64 mb ya???

aku punya masalah persis kmentar pd tgl 29 agurt: mas rio: bgmana ngatsinya !

ane mw maen dynasty warrior 4 hiper, vga nya kudu pake nvidia/ ati,
klo pake sofwer ini, intel display, bs maen g?, klo maen, dynasty warrior 6, malah, bisa,
coz, bs disetting grafik,nya,
spek lappie ane, CPU, 1,6 GHz, celeron, vga 128 ,
ram 1,5 GB,

Aku mau tanya bro kl buat optimalkan VGA nVIDIA GeFORCE FX ada g caran'y trus gmana cara'y kl ada Thank....

bro...boleh numpang tanya khan...

saya pemakai intel onboard grafik seperti diatas...

dan saya pemain PES 6..tapi yang saya sesalkan...masih ada afek TEARING pada game tsb...

nah..apakah bisa membuat ON Vsync pada intel grafik onboard menggunakan aplikasi ini...jika ada...bagaimana melakukannya...

slnya di settingan pes 6 tidak ada tombol ON - OFF untuk efek Vsync seperti pada settingan PES 2008 keatas...Thank's atas jawabannya

Kk trus gimana mengatasi Komputer yg sudah di Install ulang tpi VGA Grafiknya Pecah2 perlu instal apa lagi tuh....
mohon pencerahannya...
s.ahmadassagaf@gmail.com

Kalau buat pointblank Intel Display Adapter Management Tool 2.0 nya di harus di minimize atau di close bro....

sya pake vga intel HD graphics 3000, lalu nginstal game PES 2011 tp di seting PES nya ga bsa di ubah picture quality nya, katanya vga laptop saya g memenuhi padahal laptop saya memorinya 700 mb lbh.. gmn cara ngakalinya yah????

mau nanya kenapa HD 3000 ke detet 64mb di win7 sedangkan di winxp keditact fulll..
gmana carana biar keditact full di win 7... full 1gb

coba pake yang ini "3D Analyze_3" sama kaya yang di posting ini cuma kelebihannya ia bisa untuk semua VGA ONBOARD.
cari di mbah google ja.
semoga membantu.

laptop saya asus HD3000. Gak bisa dipakai maen game pes. muncul minimum requirement. Os win 7 64 bit.

om chandra, yang vertek processing mode nya dibuat software atau hardware?

klo file asli hardware d jadiin sofware atau sebaliknya,... atau gmn?

terima kasih atas infonya mass brad!!!

utk jalanin pes2012 bisakan bro..........

mas, sy koq gk bisa instal intel display adapternya y, klo mau instal pasri error

thx bwt infonya
ak maen game psti ksel sndri gra2 vga gk mndukung

kok g maw dea gan? ad prngtan gan.

UDAH GW IKUTI LANGKAH2 DI ATAS TP TETEP GAK MAU JG,KNP YA? PADAHAL SPEK LAPTOP GW INTEL HD GRAPICS FAMILY SHARED UP TO 1,7 GB.. TP YANG KE BACA CUMA 64 MB.. CARA NAIKKIN SHAREDNYA GIMANA YA??THX

low di vga onboard intel 4500 kk g bisa

gan efeknya yg signifikan tu ap aj????
tlong dijelaskan...

apa Intel Display Adapter Management Tool harus selalu di buka pas main game gan ?

WAH MANTAAP GAN,GUE MAEN MEDAL OF HONOR LIMITED EDITION, LAGNYA JADI BERKURANG
MANTEP MANTEP

gan, menurut gue sih ga perlu aplikasi, pake edit registry juga bisa :D khusus xp,silakan dicoba, tinggal tambahin aja nama gamenya, cek pasti nongol juga di Intel Display Adapter Management Tool, mediafire.com/?v5n80wo3cb1qrnq

Pak Chandra, saya ingin tanyakan,saya sudah men download wmm6, saat ingin run ada peringatan, seperti ini" windows movie maker cannot start because your video card does not support the required level of hardware acceleration or hardware acceleration is not available", 1.apa yang harus saya lakukan, 2. vga apa yang harus saya gunakan (saya menggunakan PC dan windows7 ),
3. dimana saya harus cari vga gratisan jika saya harus mendown loadnya.
Maaf pak Chandra terlalu banyak bertanya, saya masih awam di bidang ini.
Terima kasih.

sy pkek intel(R) G41 Express Chipset, bs pkek maen GTA IV gg?????

buat AoE III bisa ga.

Bro aku ada error "Failed To Create Vertex Shader"

itu bisa di atasiin gk pake ini?

klo pke win vista bisa ngga

.cara melihat kapasitas Vga atau kualitasnya gimana gan?

klo pakek asus a44h bisa g gan?

numpang nanya dund kan ane VGA nya INTEL HDGraphic Family mobile laptop bang admin ....

itu setara VGA NVIDIA apa yah ? Gforce 8800GT gak nyampe yah ?

misalkan memakai software Intel Display Adapter Management tools V.2 Bisa nyamain gak ?

mohon penjelasan nya hehehhe TY ^^

Cara menonaktifkannya gmna saya mau uninstal gak bisa, pngen saya ilangin softwarenya

Cara menonaktifkannya gmna saya mau uninstal gak bisa, pngen saya ilangin softwarenya

bisa gak buat game online kayak Dragon Nest

Back To Top