FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

OpenOffice.org 3.0
0












Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 13 Oktober 2008 OpenOffice.org merilis produk terbarunya, yaitu OpenOffice 3.0. OpenOffice mungkin merupakan satu-satunya aplikasi open source yang setara dengan Microsoft Office (dari segi kelengkapan dan kemampuan). Di versi ini banyak terdapat perbaikan, tambahan fasilitas dan berbagai fitur menarik lainnya.
Salah satu fitur baru OpenOffice adalah mampu membuka file dari format Microsoft Office 2007 atau 2008 (.docx, .xlsx, .pptx, etc.), sehingga tidak masalah bagi yang sudah mempunyai dokumen dalam format tersebut. Dengan plugins “Sun PDF Import Extension” kita bisa membuka file PDF dan mengedit isinya serta masih banyak fitur menarik lainnya.

Berikut beberapa fasilitas baru pada OpenOffice 3.0 :
- Mendukung Mac OS X sepenuhnya
- Mendukung ODF 1.2 (Open Documen Format), format dokumen standar XML untuk aplikasi Office
- Mampu mengimport / membuka Microsoft Office 2007
- Fasilitas Solver di Spreadsheet, seperti pada Microsoft Excel
- Peningkatan kemampuan dalam menghasilkan dan menampilkan Chart
- Peningkatan kemampuan fasilitas Crop di aplikasi Draw dan Impress
- Penambahan kolom per sheet menjadi 1024 (sampai kolom AMJ)
- Menampilkan multiple page, ketika mengedit di aplikasi Writer
- Icon baru
- Tambahan chart baru
- Mendukung VBA
- Halaman maksimal untuk Draw ditambah menjadi 300cm x 300 cm
- Export ke PDF dengan berbagai peningkatan kemampuan
- Mendukung Multiple monitor (Impress)
Selain itu masih banyak fasilitas baru lainnya, seperti support di Vista, Access 2007, AutoSum button, peningkatan kemampuan export ke HTML dari spreadsheet dan lainnya. Detailnya bisa dilihat di OpenOffice.org 3.0 New Features





Selain itu masih banyak fasilitas baru lainnya, seperti support di Vista, Access 2007, AutoSum button, peningkatan kemampuan export ke HTML dari spreadsheet dan lainnya. Detailnya bisa dilihat di OpenOffice.org 3.0 New Features.


Selain itu dengan kemampuan menambahkan extensions atau plugins, OpenOffice mempunyai berbagai fitur tambahan yang bermanfaat, antara lain :
- Calendar dan Email Client (Mozilla Thunderbird dan Lightning)
- Presentation Minimizer Extension, untuk emngurangi ukuran file presentasi
- Report Builder Extension, untuk menghasilkan laporan dari database
- Wiki Publisher Extension
- PDF Import Extension, kemampuan baru mengimport dan mengedit dokumen PDF
Untuk melihat berbagai extensions lainnya, silahkan mengunjungi OpenOffice.org Extension Repository.

Melihat berbagai fitur dan kemampuan yang ditawarkan OpenOffice ini, langsung saja saya mendownloadnya dan menjajal OpenOffice terbaru ini. Ternyata kemampuan software produktivitas saingan Microsoft Office ini cukup menjanjikan dan powerful, walaupun agak kagok juga ketika akan menggunakan beberapa fitur-fiturnya terutama saat menjajal shortcut-shortcut dengan tombol keyboard, ternyata agak berbeda dengan Microsoft Office. Namun sebagai software yang free, software yang satu ini patut diancungi dua jempol.
Sebenarnya sudah sejak lama pengen bermigrasi ke software office yang satu ini, namun baru kali ini bisa download, dan ternyata cukup mengesankan juga pada pandangan pertama. :D

Download OpenOffice tersedia untuk berbagai platform (Windows, Linux, Solaris, Mac OS) dan berbagai Bahasa. Download OpenOffice 3.0 (145 MB)

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)