FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Merawat komputer itu penting!!
0












Komputer bagaikan tubuh manusia, perlu dirawat dan dibersihkan juga. Tidak hanya perawatan dari dalam (Software) tetapi juga dari luar (hardware). Perawatan softaware, sebagaimana postingan terdahulu dapat menggunakan software-software tambahan ataupun bawaan dari windows, pembersihan sistem komputer meliputi cleaning file-file sampah, cleaning registry, dan cleaning dari virus-virus, perawatan selanjutnya bisa berupa defrag hardisk dan defrag registry. Sementara yang tak kalah penting adalah perawatan hardware, bahkan sangat penting karena hardware merupakan tolok ukur kinerja sistem komputer dan software-softwarenya itu sendiri. Jadi jika hardwarenya terganggu, sistem komputer pun ikut terganggu. Maka perlu lah perawatan dan pembersihan secara rutin terhadap hardware. Perawatan hardware meliputi pembersihan komponen-komponen yang ada dalam cpu, penataan kabel di dalam cpu, memastikan sambungan-sambungan antar komponen dalam cpu benar, dan mengatur pertukaran udara di dalam cpu dengan memberikan pendinggin (fan) yang cukup.

Pernah nih saya menemui sebuah kasus, komputer temen yang katanya tidak bisa masuk ke dalam system windows. Setelah dicheck ternyata benar, ketika komputer menyala lalu tidak ada respon apa-apa dari komputer, hanya layar hitam tampil pada monitor. Setelah lihat sana lihat sini, mataku tertuju pada kotak CPU komputer tersebut yang casing sebelahnya transparan. Dari luar terlihat banyak terdapat debu dan kotoran dalam cpu. Langsung aja aku buka casingnya dan membersihkan bagian dalam cpu tersebut hingga kinclong, termasuk RAM, Proccessor, Hardisk, CD room, mobonya hingga kabel-kabel yang ada didalamnya. Setelah bersih-bersih selesai giliran PC dipasang. Kemudian iseng-iseng kucoba lagi menghidupkan PC kembali, jrenkk.... betapa kagetnya aku ternyata PC kembali normal, n bisa masuk system windows lagi tanpa masalah berarti.

Ini menandakan bahwa hardware penting sekali, memerlukan perawatan yang rutin. Hardware-hardware ini pun tak luput dari “virus-virus” berupa kotoran dan debu, sehingga menyebabkan kinerjanya terganggu. So...., jangan lupa merawat komputer kamu. OK


Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)