FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Menjajal Firefox 3.5 RC2
0

chandra blog

Setelah lama banget Firefox 3.5 kemarin dalam versi beta dan urung dirilis versi finalnya, kini Mozilla mengumumkan telah selesainya pembaharuan, yang kemudian Firefox masuk dalam tahap Release Candidate dan sudah dapat diunduh di situs Firefox. Nah, Firefox yang sudah masuk tahap Release Candidate ini dikatakan bahwa memungkinkan pengguna browsing secara lebih cepat dan stabil daripada versi betanya.

Mungkin dari kita banyak yang bertanya-tanya, kenapa lompatannya jauh banget, padahal versi stabil yang sekarang adalah 3.0.11 dan ternyata akan menjadi 3.5 bukan 3.1. Mungkin ini disebabkan banyaknya perubahan yang telah dilakukan utamanya pada engine serta fitur tambahannya.

Dari tampilannya nampak tidak ada perubahan yang menyolok, hanya kini Firefox secara default menampilkan satu tab ketika dibuka, serta tombol “+” disamping tab untuk menambah tab browsing. Ini dia tampilannya :

image

Kemudian soal performa, secara default memang saya rasa terdapat peningkatan yang bagus, terutama juga penggunaan resource yang lebih stabil.

Ini dia beberapa fitur tambahan yang cukup signifikan :

  • Browsing lebih privat
    Seperti beberapa browser baru lainnya, Firefox versi terbaru ini menawarkan fitur browsing yang lebih privat. Dalam mode ini Firefox tidak akan menyimpan apapun seperti history, cookies, usernames atau password.
    Tidak seperti Incognito mode pada Google Chrome, atau InPrivate pada IE 8, Firefox 3.5 tidak memberi indikasi apapun saat pengguna menjalankan mode ini.
  • Tab Yang lebih baik
    Tab dalam Firefox 3.5 akan bekerja secara lebih baik. Disamping pengguna bisa menggeser tab pada toolbar, dan juga bisa men-drag n drop tab tersebut pada jendela Firefox yang lain.
  • Mengembalikan 'tulisan yang hilang'
    Firefox 3.5 mempunyai kemampuan untuk mengembalikan 'tulisan yang hilang'. Misalnya saat pengguna tengah menuliskan komentar pada suatu blog dan tidak sengaja meng-klik back, maka yang terjadi biasanya tulisan mereka akan hilang karena halaman page berubah ke sesi sebelumnya.
    Nah, kini Firefox masih dapat 'mengingat' hal ini, jadi saat pengguna melakukan klik-forward lagi, komentar yang ditulis sebelumnya tidak hilang.

    Firefox mengklaim bahwa versi 3.5-nya delapan kali lebih cepat dalam mengakses JavaScript dari versi 3.0. Bagi yang ingin mendownload dan mencobanya Firedfox 3.5 RC2 bisa diperoleh disini. Namun masih kemungkinan terdapat bug-bug yang belum diatasi, mengingat versi ini belum stabil/final.

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)