FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Tampilan office lama di Office 2007
2












Apakah anda menggunakan Microsoft Office 2007 atau pernah melihatnya saja? Jika memang iya, tentunya kita melihat banyak perubahan yang dilakukan Microsoft terhadap perangkat office nya ini terutama pada sisi tampilan menu, walaupun juga terdapat beberapa fungsi baru dan peningkatan fasilitas yang lumayan banyak, tapi dapat kita lihat yang paling mencolok adalah pada perubahan tampilan di Office 2007.

Dimana dapat dikatakan tampilan office dirombak total, yupz di office 2007 ini kita tidak akan melihat lagi drop down menu yang begitu banyak, digantikan oleh tampilan Ribbon yang dikelompokkan menjadi beberapa tab menu. Fungsi-fungsi serta menu-menu yang sama dikelompokkan menjadi satu ribbon.

Namun dengan tampilan yang baru ini, tidak sedikit orang yang belum bisa menyesuaikan diri menggunakannya karena penempatan menu dan fungsi yang agak berbeda. Tidak jarang ada yang bertanya ‘mana menu itu?. Mana menu ini? Menu File nya mana?, dsb.’ Saya pun juga pernah kebingungan mencari menu-menunya.

Sebenarnya jika jeli dan bisa menyesuaikan menggunakannya, tidak sulit untuk memakai office 2007 ini karena menurut saya menunya lebih simple dan sudah ada semua di ribbon, sesuai prinsip dari Office sendiri WYSIWYG (What you see is what you get). Tapi jika menghendaki tampilan office lama di office 2007, kita dapat melakukannya dengan memasang add-in.

Tapi ternyata kebanyakan aplikasi add-in untuk dapat menampilkan tampilan office lama ini banyak yang non-free atau kebanyakan berbayar, namun ada 1 yang versi gratisan yaitu RibbonCuztuomizer 1.1 Starter Edition, yang mempunyai beberapa keterbatasan dibanding dengan versi Profesionalnya. Yaitu customasi nya yang terbatas dan ada beberapa toolbar yang masih kurang di versi Starter ini.

- Untuk menggunakannya download dulu RibbonCustomizer disini, dan double klik pada installernya untuk memulai menginstall.

- Kemudian buka Office 2007, klik menu tab View. Pada menu paling kanan sudah terdapat menu Customize Ribbon, untuk mulai memakainya klik menu arrow Customize Ribbon.

- Sorot Customization Schemes dan pilih posisi yang diinginkan, RibbonCustomizer – Classic UI at first tab berarti menempatkan pada tab view pertama, sedangkan RibbonCustomizer – Classic UI at last tab menempatkan pada tab view terakhir.

- Setelah itu muncul tab “Classic UI”, klik tab tersebut.

Nah itu dia tampilan office classic telah terdapat di office 2007, beberapa fungsi belum terdapat misal toolbar drawing belum ada dapat kita gantikan dengan menu Ribbon Insert. Selamat mencoba.




Bagikan posting ini :

2komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)