FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

The Gimp - Pengolah image opensource saingan Photosop
0











Sudah sejak lama software pengolah image ataupun manipulasi image didominasi oleh software dari Adobe yaitu Photosop. Banyak yang menggunakannya karena kemudahan dan fitur-fitur yang dimilikinya, bahkan banyak di kalangan kita yang melanggar Hak cipta hanya untuk memakai software populer ini, atau ada yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli software pengolah image ini.

Namun sekarang seiring dengan perkembangan di dunia opensource, software-software opensource mulai banyak diminati dan digunakan karena software jenis ini free dan tentyunya legal. Salah satu software opensource dalam manipulasi image adalah GIMP (GNU Image Manipulation Program). Versi terbaru dari GIMP ini adalah v2.6, yang diluncurkan belum lama ini.

Aku termasuk mengikuti perkembangan GIMP, tapi jujur dulu aku belum menggunakan GIMP secara full, hanya sekedar coba-coba, karena beberapa fitur masih sulit digunakan dan mungkin belum terbiasa dengan software ini, misal selection tool aku terbiasa menggunakan polygonal select tool yang belum terdapat pada GIMP lama, kemudian brush sizenya.Tapi versi GIMP terbaru ini sungguh mengalami perubahan dan aku tidak lagi kesulitan menggunakan software pengolah image opensource yang satu ini.
Berikut beberapa fitur baru pada GIMP :
- GEGL (Generic Graphic Library)
merupakan fitur GIMP yang menawarkan dukungan terhadap 32 bpc (bits per channel), fungsi ini banyak dibutuhkan oleh para desainer profesional yang sering bekerja dengan kedalaman warna yang lebih.
- Tampilan
Dari segi UI, GIMP 2.6 telah menghilangkan menu aplikasi dalam tool palette window dan menyatukan isinya ke dalam menu di jendela dokumen yang terus ditampilkan setiap waktu bahkan ketika tidak ada gambar yang sedang dibuka. Jendela Tool juga telah disesuaikan sehingga terus ditampilkan di atas jendela dokumen. Untuk mengurangi rumitnya tampilan dan mempermudah pengaturan jendela, jendela-jendela yang sudah terbuka juga tidak ditampilkan di taskbar.

- Fungsionalitas
Freehand selection tool kini juga mendukung seleksi polygonal dan menyunting bagian terpilih, text tool GIMP juga telah diperkuat untuk mendukung reflow dan wrapping otomatis ketika ukuran area teks diubah dan sebuah fitur brush dynamics baru juga telah menambahkan beberapa kemampuan tambahan pada ink dan paint tool.

Link download The GIMP

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)