FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Windows Azure, Windows Masa Depan Microsoft










Raksasa piranti lunak Microsoft mengumumkan Windows Azure, sebuah versi baru Windows yang lain dari biasanya. Disebut demikian karena Windows Azure adalah sistem operasi yang memanfaatkan konsep cloud computing alias berkomputer dengan memanfaatkan internet.

Apa maksudnya? Dengan Windows Azure, aplikasi akan dijalankan pada data center Microsoft dan bukan pada server sebuah perusahaan. Kemudian, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi itu asalkan terhubung ke internet.

Pengumuman Windows Azure dilakukan dalam Professional Developers Conference yang digelar Microsoft di Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Oktober 2008 waktu setempat. Azure akan menempatkan Microsoft bersaing secara langsung dengan penyedia jasa serupa, seperti Amazon, Salesforce.com dan Rackspace.

Belum ada rincian mengenai harga 'sewa' yang akan diterapkan Microsoft untuk Azure. Saat ini, Ozzie mengumumkan, Azure masih gratis bagi pengembang yang ingin mencobanya.

Microsoft pun berencana memanfaatkan Azure untuk berjualan beberapa piranti lunaknya yang biasanya dijual untuk digunakan pada server kantor. Semua piranti lunak Enterprise Microsoft, termasuk Exchange, dikabarkan akan menawarkan pilihan ini.

Jika sistem operasi 'tradisional' Microsoft seperti Windows Vista atau Windows 7 nantinya ternyata kurang 'laku', bisa jadi Azure akan menjadi masa depan bagi raksasa piranti lunak itu. Mungkinkah?

sumber : detikinet.com


Bagikan posting ini :

1 komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)