FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Mengatasi Sakit Kepala tanpa Obat
3

Migrain (Sakit Kepala sebelah)

Umumnya migrain akan menyerang satu sisi kepala, rasa sakit berdenyut-denyut akan terasa pada kening atau diatas mata. Migrain terjadi akibat penguncupan atau pengerutan pembuluh-pembuluh nadi di kepala. Pembuluh-pembuluh darah yang kejang tersebut akan membesar dan menimbulkan rasa sakit yang berdenyut. Migrain sering muncul pada permulaan masa dewasa dan umumnya kaum wanita lebih sering terserang.

Migrain dapat ditimbulkan oleh jenis makanan yang mengandung nitrat (suatu zat kimia yang digunakan untuk mempertahankan warna merah pada daging, misalnya sosis), haid, cahaya matahari yang terlalu terik, suara gaduh, kurang tidur atau bahkan terlalu banyak tidur. Migrain juga dapat timbul setelah seseorang mengalami stres. Misalnya, setelah melakukan perjalanan yang melelahkan atau setelah melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Perawatan dan cara mengatasinya, antara lain dapat dilakukan langkah-langkah berikut:
  1. Istirahat, yaitu tidur dapat menyembuhkan rasa sakit tersebut secara efektif. Pemberian obat-obatan sesuai resep dokter seperti aspirin atau penghilang rasa sakit lainnya dapat meredakan rasa sakit kepala yang menyerang. Itu pun kalau terpaksa.
  2. Kompres dingin pada kepala disertai merendam kaki dengan air hangat selama kira-kira 20 menit sering dapat meringankan sakit kepala.
  3. Teknik relaksasi, pemijitan secara perlahan-lahan pada leher dan punggung juga dapat mengatasi sakit kepala jenis ini.
  4. Penderita Migrain sebaiknya juga menghindari rangsangan yang dapat menyebabkan keluhan tersebut, seperti suara yang ramai, cahaya yang menyilaukan, ketegangan dan lain-lain.
Sakit Kepala Akibat Kontraksi Otot

Sakit kepala semcam ini ditandai dengan rasa sakit yang tetap. Hampir sama dengan migrain, penyebab sakit kepala jenis ini umumnya banyak dihubungkan dengan stres dan kecemasan, depresi dan sukar tidur. Obat-obatan tertentu, jenis makanan yang banyak mengandung nitrat seperti hot dog dan kafein seperti kopi juga dapat menimbulkan sakit kepala jenis ini. Untuk beberapa wanita, masa sebelum haid juga merupakan saat timbulnya sakit kepala jenis ini.

Istirahat atau tidur yang cukup dan mengompres kepala dengan kain yang telah dibasahi air dingin dapat membantu meredakan sakit kepala tersebut.
Cara lain dapat dilakukan adalah berusaha menghilangkan penyebab gangguan pikiran yang terjadi, misalnya dengan cara berolahraga.
Jika sakit kepala menyerang, latihan relaksasi dan pemijatan pada leher dan punggung juga dapat menghilangkan rasa sakit yang menyerang.

Bagikan posting ini :

3komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)