FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Mempercepat Windows Vista (2)
0

Utak-Utik Aero

Windows vista mempunyai Aero yang bikin vista memberikan pengalaman visual baru bagi penggunanya. Efek gelas yang transparan, animasi flip 3 dimensi untuk berpindah antar aplikasi dan efek-efek lain itulah yang ditawarkan Aero. Tapi, pada PC dengan spesifikasi pas-pasan, jangan harap Windows Vista berjalan mulus kalau Aero tidak diatur.

Klik kanan di sembarang area pada desktop. Lalu klik Personalize. Lalu klik Window Color and Appearance. Ada empat gaya visual Windows Vista : Windows Aero, Windows Vista Basic, Windows Standard dan Windows Classic. Tapi, tidak semua pilihan itu ada di setiap versi Windows Vista. Kalau tenryata perangkat keras komputer tidak mendukung Windows Aero, pilihan untuk Aero akan dimatikan.
Tapi kalau mendukung Aero dan fitur itu dinyalakan, muncullah boks yang menampilkan barisan kotak berwarna-warni. Itulah tema warna yang bisa dipilih untuk Windows Vista.
Karena Windows Aero membebani sistem, langsung saja pilih Windows Standard atau Windows Classic. Oh tidak begitu, Windows Aero dan Windows Vista Basic tidak membebani prosesor. Pekerjaan membuat efek grafis pada kedua gaya itu diserahkan sepenuhnya pada kartu grafis, tidak seperti gaya Windows Standard dan Windows Classic. Nah, kalau mau memperenteng kerja, beralihlah dari Windows Aero ke Windows Vista Basic atau yang disebut juga dengan Aero Lite.
Caranya begini : klik Open Classic Appearance Properties for more color options yang ada pada jendela Windows Color and Appearance. Pilih Windows Vista Basic. Supaya lebih terasa, matikan juga efek transparansi dengan cara berikut ini. Klik di sembarang tempat pada desktop kemudian klik Personalize. Klik Windows Color and Appearance. Sesudah itu, hilangkan tanda centang pada Enable Transparency.

Defrag and Driver
Seperti kendaran yang butuh di tune up secara berkala, komputer juga demikian. Nah, tune up komputer dengan cara defrag dan lakukan defrag paling tidak sebulan sekali.

Sebelum melakukan defrag, matikan semua program yang sedang berjalan dan screen saver. Buka Windows Explorer dan klik kanan pada drive yang hendak didefrag. Klik Properties dan ketika muncul kotak dialog baru, klik Tab Tools. Klik Defragment Now…. Karena hendak dijadwal untuk jalan sebulan sekali beri tanda centang pada Run on a Schedule. Tune up juga bisa dilakukan dengan mengupdate driver. Bukannya apa-apa, driver baru biasanya lebih baik. Jadi, rajin-rajinlah melihat situs web perangkat keras yang digunakan (kartu grafis, kartu suara, printer dan lain-lain) untuk memeriksa driver terbaru. Atau lakukan ini. Buka Control Panel dan klik ganda Windows Update. Klik pada Change Settings yang ada di panel kiri. Pastikan Install Updates Automatically tercentang. Pastikan juga Include Recommended Updates… tercentang juga. Klik OK.

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)