FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Mempercepat Windows Vista (1)
0


Bersih-bersih Hardisk

Hardisk yang kelewat penuh memang bisa bikin sistem berjalan lambat. Sebabnya, pencarian file untuk keperluan suatu proses berjalan lebih lambat. Banyaknya aplikasi yang diinstal juga bisa membuat sistem lebih lambat. Kemungkinan itu memang ada dan hampir pasti terjadi. Nah,ketika Windows Vista pertama kali diinstal, beberapa aplikasi dalam versi trial juga turut diinstal. Kalau aplikasi itu sudah selesai dicoba atau malah tidak mau dicoba sama sekali, kenapa tidak dihapus saja?
Pergilah ke Control Panel Start > Control Panel. Di Control Panel, Klik Programs and Features (Kalau di Windows XP disebut dengan Add/Remove Programs, ketika daftar program dan fitur muncul pilih yang tidak dibutuhkan dan hapus saja.
Program yang tidak dipakai sudah disingkirkan, sekarang fitur yang tidak dipakai. Di jendela Programs and Features, klik Turn Windows Feature On or Off. Muncullah daftar fitur Windows. Pilih yang tidak diperlukan dan klik OK.
Satu hal lagi adalah pembuatan indeks yang dipakai untuk pencarian cepat Windows Vista. Ini membuat hardisk terus bekerja meskipun pengguna tidak ngapa-ngapain. Kalau pencarian cepat dirasa tidak terlalu penting, matikan pembuatan indeks. Caranya begini : Buka Control Panel dan klik Indexing Options. Klik Modify sehingga muncul kotak dialog baru yang berisi dua kotak lagi. Di setiap bagian bawah kotak, muncul daftar lokasi dalam hardisk yang dipantau oleh Vista untuk membuat indeks.
Klik Included Locations bergantian untuk setiap kotak, kecuali Start Menu. Hilangkan tanda silang yang muncul pada menu. Klik OK dan tutup kotak Indexing Options.
Bukan Cuma program dan fitur yang dihapus, tapi juga file. Berbagai fila yang dirasa tidak lagi diperlukan dihapus saja. Sesekali, jalankan Disk Cleanup untuk memebrsihkan hardisk. Sesekali, bersihkan pula jejak berinternet baik milik Internet Explore, Firefox, maupun browser lain.


Mengulik Registry

Hati-hati, backup dulu registri agar tips berikut ini tidak menjadi bumerang. Caranya begini. Di Control Panel, Klik System. Pada bagian kri, Klik System Protection. Pastikan hard drive sudah terpilih, kemudian klik Create yang ada di kanan bawah. Tunggu sekitar beberapa menit smapai cadangan registri selesai dibuat. Kik OK kalau sudah.
Aplikasi pembersih resgistri untuk Windows Vista sudah banyak yang beredar, bahkan ada yang gratis. Namanya ToniArts EasyCleaner. Unduhlah dari http://personal.inet.fi/business/toniarts/eclean.htm. Kalau sudah, instal dan jalankan. Klik Registry. Klik Find yang ada di bawah sehingga Easy Cleaner mencari sisa-sisa dari program yang sudah tidak ada di komputer. Pencarian sampah registri akan memakan waktu beberapa menit. Kalau sudah ketemu, klik Delete All. Klik Yes dan kalau sudah klik Close.
Sekarang, ada registri yang harus diutak-atik. Tapi tenang. Tadi kan registri sudah di backup. Kalau ada apa-apa tinggal pakai lagi registri cadangan. Buka Registri Editor. Jelajah ke HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Kemudian di bagian kanan, klik ganda pada MenuShowDelay. Ketika sebuah kotak baru muncul, isikan 0 (nol) sebagai value data. Klik OK dan tutup registry editor.

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)