FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Mencoba Wordpress

wp Sebenarnya saya sudah lama mencoba dan memakai Wordpress, namun baru kali ini saya ingin menceritakan pengalaman dalam mencoba menggunakan Wordpress ini. Apa sih sebenarnya Wordpress itu? Wordpress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang berbasis Opensource, dengan Wordpress ini kita bisa membuat blog seperti di Blogger, membuat situs, forum dan lain sebagainya.

Kebanyakan Wordpress digunakan untuk membuat blog, maka dari itu saya tertarik untuk mencobanya dan membandingkannya dengan Blogger (Blogspot), yang saya gunakan sekarang ini. Nah, dari pengalaman tersebut ternyata masing-masing (Wordpress dan Blogger) mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu disini saya ingin review sedikit saja tentang keduanya.

Layanan yang ada di Wordpress ada dua macam yaitu :

  1. Layanan blog gratis seperti blogger.com yang dapat kita akses di ww.wordpress.com,
  2. Kemudian sebagai CMS tersendiri yang dapat didownload di www.wordpress.org, Versi yang ini lebih fleksibel, dapat kita utak-utik dengan menambahkan themes atau plugin sendiri, themes dan plugin ini banyak sekali tersedia, kita bisa mencarinya juga di situs wordpress.org. Untuk memakai Wordpress versi ke dua, kita bisa menginstall di komputer (localhost) atau kita install pada layanan hosting yang sudah kita pesan.

Inilah salah satu kelebihan wordpress dari Blogger, kita bisa memakainya dimanapun layanan hosting yang kita pakai, atau bisa juga diinstall di komputer sendiri untuk mencoba-coba template misalnya atau mendesign blog/website terlebih dahulu sebelum memakainya.

image

Gambar Dashboard Wordpress

Sedangkan kelemahannya menurut saya Wordpress lebih kompleks daripada Blogger, untuk pemakai blog pemula mungkin agak kesulitan untuk memahami menu-menunya, bandingkan dengan Blogger yang lebih simple dan mudah dipahami menu-menunya.

Namun tidak selamanya seperti itu, ada juga yang menganggap bahwa Wordpress lebih mudah karena menu-menunya terintegrasi dalam satu halaman Dashboard, sehingga semua menu untuk pengeditan blog mulai dari membuat posting sampai settingan blog ada dalam satu halaman yang mudah dijangkau.

Hm… sulit juga sih menentukan mana yang lebih baik, kalau menurut saya sih Wordpress emang cocok untuk blogger yang sudah agak mahir dan mengerti tentang pembuatan blog/website dan membutuhkan kecepatan akses untuk semua settingan pada blog.

Sedangkan Blogger.com lebih cocok untuk blogger pemula yang baru belajar membuat blog dengan menu-menu yang simple dan mudah untuk dipakai. Walaupun gak bisa dipungkiri, banyak juga blogger profesional yang memakai layanan Blogger.com untuk membuat blog/website mereka.

Bagaimana menurutmu??

Bagikan posting ini :

1 komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)