FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Tips setting Openoffice.org
0

Openoffice.org sekarang ini merupakan software office alternatif yang mulai dilirik, karena mempunyai kemampuan yang tidak kalah unggul dengan Microsoft office, dan tentunya selalu ditingkatkan dan dikembangkan oleh Sun Microsystem sebagai perancangnya.

Namun bagi pengguna awal mungkin agak kesulitan untuk mensetting software office ini. Awalnya saya juga agak bingung, namun setelah utak-utik dan liat tutorialnya akhirnya dapat menemukan settingan yang pas.

Dengan mensetting openoffice.org secara tepat, maka dalam penggunaan selanjutnya akan lebih mudah utamanya dalam melakukan aktifitas pemasukan data ataupun pengaturan yang lain, mengenai format halaman misalnya.

Untuk mengubah settingan-settingan pada openoffice tersebut kita dapat menemukannya pada menu Tools > Options …












Pada menu Options ini terdapat settingan menyeluruh yang terdapat untuk Openoffice.Berikut ini settingan penting yang menurut saya perlu diatur:

1. Pada bagian Openoffice.org
Pada bagian ini terdapat beberapa settingan penting yaitu User Data, isilah data anda seperlunya pada bagian ini, kemudian pada bagian Memory seperti pada postingan kemarin, settingan ini berhubungan dengan penggunaan memory yang digunakan untuk openoffice, settingan yang tepat akan membuat kerja openoffice lebih leluasa.

2. Pada bagian Load/Save
pada bagian ini terdapat settingan tentang pembukaan dan penyimpanan dokumen-dokumen. Settingan yang penting yang biasanya saya ubah adalah Save Autorecovery pada tab General, settingan ini berkaitan dengan lamanya waktu menyimpan otomatis dokumen yang sedang terbuka, fasilitas ini bermanfaat bila tiba-tiba komputer mati atau saat openoffice crash dan belum sempat menyimpan dokumen maka openoffice dapat membuka kembali dokumen tersebut berdasarkan simpanan terakhir. Aturlah berapa menit sekali Save Autorecovery akan dijalankan, misalkan saja 5 menit.

3. Pada bagian Language Settings
Di bagian ini menurut saya merupakan setingan yang penting. Karena berkaitan dengan settingan bahasa serta format penulisan yang berkaitan dengan wilayah, maka pada bagian ini pilih Indonesia, kemudian contreng bagian Decimal Separator key (Same as local setting), dan untuk Currency (mata uang) pilih IDR Indonesia (Rp).

4. Bagian Openoffice.org Writer
pada bagian ini terdapat beberapa settingan penting, untuk format ukuran klik pada pada tab General dan rubah Measurement Unit menjadi centimeter. Kemudian setting yang juga cukup penting dapat kita temua pada Basic Fonts, dapat kita atur font apa yang akan digunakan sebagai default.

Itulah beberapa settingan yang menurut saya penting dan perlu untuk kita atur agar nantinya saat kita membuat dokumen dapat lebih mudah.

Info : untuk belajar openoffice.org selengkapnya, nanti akan saya post di Blog saya yang satu ini.

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)