Tempatnya tips dan trick, software gratis, antivirus review dan software review.

Tips Setting Windows XP












Windows XP mempunyai seting-seting yang penting untuk kita perhatikan. Yaitu seting yang terdapat pada Control Panel. Control Panel pada windows sebagai pusat pengendali control dan setingan semua yang berhubungan dengan windows, bahkan aplikasi-aplikasi yang terinstall di dalamnya.
Beberapa konfigurasi penting yang ada di Control Panel dapat kita ubah dan perbaiki sendiri sesuai dengan keinginan. Dengan beberapa sentuhan setingan pada control panel ini, bahkan kita bisa meng-optimalkan sistem operasi yang paling banyak dipakai ini.

Ini dia beberapa settingan yang penting dan perlu untuk kita perhatikan :

Automatic Updates
Ini adalah fitur updates otomatis bagi windows, secara default Automatic Updates tersetting otomatis. Waktu komputer terkoneksi dengan internet, Automatic Updates akan otomatis mencari updates untuk windows, mendownload updates tersebut serta menginstallnya secara otomatis juga. Kalau kita tidak suka atau tidak ingin Automatic Updates dijalankan kita bisa memberi opsi lainnya mematikannya dengan klik Turn Off Automatic Updates, atau memberi peringatan saja : Notify me but don’t automatically download or install them.


Date and Time
Sesuai namanya, ini adalah setingan untuk mengatur tanggal dan waktu. Settingan
yang benar untuk Time Zone yaitu kita atur pada (GMT +07.00) Bangkok, Hanoi, Jakarta, yaitu menurut Zona Waktu Indonesia Bagian Barat GMT +7.

Folder Options
Didalamnya terdapat setingan penting terhadap folder-folder, tipe files serta tampilan yang menyangkut pada Windows Explorer. Untuk sedikit mengoptimasi Windows Explorer saya sarankan pada tab General, pada bagian Tasks pilih “Use Windows classic folders”, kemudian pada tab View, pada bagian Advanced Setting (kotak) hilangkan tanda centang pada “Automatically search for network folders and printers” apabila anda tidak menggunakan komputer anda pada jaringan. Settingan ini akan membuat Windows Explorer sedikit lebih cepat dan gegas.

Mouse
Disini terdapat beberapa pengaturan yang berkaitan dengan mouse. Dapat diatur sesuai dengan keinginan.

Regional Setting

Merupakan setingan yang berkaitan dengan setting regional wilayah negara, meliputi format penanggalan, format waktu, format angka, format uang, serta bahasa yang digunakan. Setingan ini penting sekali, karena berpengaruh juga terhadap aplikasi yang terinstall di windows atau aplikasi yang akan kita install. Misalkan saja pada software office, biasanya office akan menggunakan penformatan sesuai dengan Regional Setting. Karena settingan defaultnya adalah format Amerika, maka format tanggal yang tertera akan menggunakan sistem AM, PM, kemudian format uang yang tertulis akan menjadi ‘.’ (titik) sebagai pemisah angka desimal dan ‘,’ (koma) untuk pemisah angka ribuan.

Untuk mensetting nya sesuai dengan yang kita gunakan di Indonesia, tinggal tuju Control Panel dan klik ganda Regional Setting, kemudian pada kotak format pilih negara Indonesia, maka settingan yang berhubungan dengan yang tersebut di atas akan berubah seperti format yang digunakan di Indonesia.

Bersambung....



Labels: Tips dan Trick Windows

Thanks for reading Tips Setting Windows XP. Please share...!

1 Comment for "Tips Setting Windows XP"

Back To Top