FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Wimax Unjuk Gigi Lagi
0



Spanduk Wimax Expo (G. Prienz)

Taipei - Wimax unjuk gigi kembali melalui pameran Wimax Expo yang diselenggarakan di Taipei, Taiwan tanggal 2-6 Juni 2008. Pameran yang mengangkat tema Unified Communication berbasis Wimax ini diikuti oleh 60 peserta terbagi dalam 250 stand.

Meski perkembangan Wimax sendiri masih menjadi tarik ulur banyak kepentingan. Tapi optimisme terhadap perkembangan platform jaringan nirkabel kian tampak di masa depan. Hal inilah yang melatar belakangi penyelenggaraan perhelatan WiMax Expo di Taipei ini.

Asumsi ini diperkuat dengan nilai investasi di industri WiMax dunia yang melonjak menjadi 8,4 miliar US dolar di tahun 2007 serta perkembangan operator yang telah meningkat menjadi 260. Sebuah angka yang cukup fantastis untuk sebuah standar baru yang belum terlampau membumi.

Di pameran ini beberapa vendor notebook terkemuka seperti Asus, Acer hingga Quanta memamerkan produk mereka yang telah mengimplementasikan chipset WiMax di dalamnya. Implementasi konkrit WiMax juga ditunjukkan dengan siaran televisi menggunakan teknologi WiMax yang dapat dinikmati di semua piranti handheld yang berteknologi WiMax.

Operator telko yang sebelumnya resistan dengan keberadaan WiMax tampaknya kian melunak. Hal ini terindikasi dengan keberadaan mereka di pameran WiMax Expo kali ini.

Salah satu di antaranya adalah Motorola yang memamerkan platform ekosistem WiMax mulai dari jaringan, piranti, backhaul hingga aplikasi yang digunakan. Kehadiran operator telko ini setidaknya membawa angin segar buat perkembangan WiMax sekaligus menepis isu bahwa konsep unified communication bakal menghapuskan keberadaan mereka.

Sumber : Detikinet.

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)