FeedDapatkan update terbaru blog ini di Twitter kamu, Follow sekarang!

Tips n Trick Memilih Antivirus
0

Kita telah tahu bahwa dunia komputer juga dihantui oleh datangnya virus-virus yang sekarang jumlahnya banyak sekali. Virus-virus di dunia komputer sama halnya pada dunia manusia, dapat berbahaya sekali bagi kesehatan komputer, bahkan dapat merusak komputer yang terserang virus. Tapi ada juga yang tidak berdampak bahaya, yang biasanya hanya menampilkan pesan-pesan pembuatnya, atau juga hanya lelucon. Namun apa saja jenisnya virus tetap saja akan mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan komputer.
Maka dari itu untuk mencegah dan membentengi komputer kita dari virus, kita memerlukan antivirus. Antivirus ini harus diinstal pada komputer. Kalau kita mencarinya di internet, banyak sekali antivirus-antivirus yang ada, dari mulai yang gratisan ataupun yang berbayar.
Bahkan antivirus buatan anak negeri pun sudah banyak, diantaranya yang terkenal adalah PCMAV dan Ansav.
Permasalahannya bagaimanakah memilih antivirus-antivirus yang cocok dan baik buat komputer kita.
Antivirus bagaikan pedang bermata dua, di satu sisi dapat melindungi komputer kita, di sisi lain dapat menguras resource komputer kita. Jika kita tidak teliti dan memilih dengan baik, malah akan memperlambat kinerja komputer kita, karena akan memakan banyak alokasi di memori komputer kita.
Apabila kita pengguna komputer rumahan, sebaiknya gunakan saja antivirus-antivirus yang bersifat free atau tak berbayar. Meskipun free kualitasnya tak kalah dari yang berbayar, bahkan ada antivirus free yang mempunyai proteksi lengkap seperti antivirus berbayar. (Daftar Antivirus Free dan Link downloadnya terdapat di artikel Antivirus Free)
Kebanyakan antivirus menggunakan sistem database, untuk mengenali virus-virus dan beberapa antivirus ditambah dengan engine heuristic untuk mengenali virus-virus baru yang tidak ada dalam database, untuk itu yang paling penting adalah melakukan update rutin.

Beberapa yang anda harus perhatikan jika memilih antivirus adalah :

1. Kemudahan Penggunaannya

2. Efektif dalam mengidentifikasi atau dalam mendeteksi file-file yang bervirus

3. Efektif dalam membersihkan atau mengarantina file yang terinfeksi

4. Activity reporting

5. Kelengkapan Fitur

6. Kemudahan dalam instalasi dan kustomasi

7. Kemudahan dalam mendapatkan petunjuk penggunaan dan pertolongan

Bagikan posting ini :

0komentar:

Post Your Comment (Anda mencari form komentar lama?)