Tempatnya tips dan trick, software gratis, antivirus review dan software review.

Menambahkan Menu Tools Calculate pada Microsoft Word

Microsoft word adalah software pengolah kata yang telah populer dan banyak digunakan berbagai kalangan. Seperti yang kita ketahui microsoft word mempunyai banyak keunggulan “di bidangnya ini”, dari tampilannya yang menarik dan mudah dipelajari, serta fungsi-fungsi lain yang lengkap. Tak seperti microsoft excel, yang memang dikhususkan untuk pengolahan angka dan database, microsoft word tidak (atau kurang) mempunyai kemampuan seperti “saudaranya” itu. Tapi dengan sedikit trik, maka microsoft word dapat menerapkan pengkalkulasian yang dapat mempermudah kita di waktu mengerjakan pengetikan yang juga terdapat beberapa operasi matematika. Yaitu dengan menambahkan menu baru, yaitu bernama Tools Calculate. Menu Tools Calculate ini berfungsi untuk mengkalkulasikan angka-angka.

Pada tulisan kali ini saya akan memberikan tips, bagaimana menambahkan menu “Tools Calculate” pada toolbar di Microsoft Word.

1. Pada Microsoft Word 2003

Pertama, klik Menu Tools > Pilih Customize.
Maka akan muncul Kotak Dialog Cuztomize. Kemudian Klik Tabs Commands.
Pada kotak Categories (kotak sebelah kiri) pilih All Commands, lalu pada kotak Commands (kotak sebelah kanan) cari “Tools Calculate”.
Setelah ketemu, drag Tools Calculate ke Toolbar yang diinginkan.


2. Pada Microsoft Word 2007

Pertama klik Office Button (File) > lalu klik Word Options,
Masuk pada kotak dialog Word Options, Pilih Customize.
Lalu pada kotak ”Choose Commands From”, pilih ”All Commands”, pada kotak di bawahnya cari commands yang bernama Calculate. Setelah itu Klik Add, maka commands calculate sudah ditambahkan pada ”Quick Acces Toolbar” berupa icon bundar Hijau. Dan klik OK.


Cara Menggunakan :
Pertama kita buat angka-angka yang kita kalkulasikan beserta perintah-perintahnya. Perintah yang dapat digunakan adalah +, -, *, /, ^.

Misal : 8+9

Blok data yang akan dikalkulasi, lalu klik Tools Calculate. Data hasilnya akan disimpan dalam Clipboard, kemudian untuk memunculkan hasilnya, klik Paste (Ctrl dan V).

By : Me.
Labels: Tips dan Trick Office

Thanks for reading Menambahkan Menu Tools Calculate pada Microsoft Word. Please share...!

1 Comment for "Menambahkan Menu Tools Calculate pada Microsoft Word"

tau ngga caranya munculin menu tools calculate di ms word windows XP? yang mirip vista itu?
thenkiuuu ^____^v

Back To Top